Istilah Dalam Google Adsense yang sering Terdengar

Istilah-Dalam-Google-Adsense-yang-sering-Terdengar
Istilah Google Adsense - Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia publisher google adsense pasti mungkin sudah tidak asing dengan istilah-istilah dalam google adsense, Namun belum tau lebih dalam tentang masing-masing istilah yang ada seperti yang  sering didengar seperti Page View, CPC (Cost Per Click), Click, CTR  atau Click Through Rate, RPM (Rvenue Per Thoushand Impression), Estimated Earning, RKT/CTR, PPS Laman/RPM, BPK.

Istilah di Google Adsense diatas pasti sering di jumpai baik di dasbboard atau di menu laporan google adsense. Bagi blogger pemula pasti akan sedikit mengalami kebinggungan saat membaca data laporan penghasilan tiap harinya di google adsense. Karena memang banyak istilah yang ada seperti yang admin sudah sebutkan diatas. 

Istilah Dalam Google Adsense

Istilah adsense sama seperti saya dulu kadang suka keliru dan kadang tertukar jika tidak mendalami dan dihayati dengan benar 
  • Tampilan Halaman (Page View); 
  • BPK / CPC (Cost Per Click);
  • RTK / CTR (Click Through Rate);
  • RPM Laman (Rvenue Per Thoushand Impression);
  • Penghasilan Tertaksir (Estimated Earning);
  • Saldo (Balance)
  • Klik (Clicks)
Supaya tidak bingung lagi, di kesempatan kali ini saya admin dari heytekno.com akan membahas apa maksud dari istilah-istilah Google Adsense di atas tadi..

1. Tampilan Halaman (Page View)

Merupakan jumlah tampilan secara keselurah halaman yang di buka oleh visitor yang terpasang iklan google adsense. sedangkan Page View sendiri merupakan singkatan dari Page impression, jika di terjemahkan dalam bahasa indonesia adalah tampilan halaman nilainya tidak dipengaruhi oleh jumlah iklan yang diletakkan pada sebuah halaman web.

Jika iklan pada sebuah halaman dipasang 3 unit iklan dan halaman ditampilkan 1 kali makan nilai page view nya tetap 1 kali.

2. BPK / CPC (Cost Per Click)

CPC (Cost Per Click) atau yang jika diartikan dalam bahasa indonesia adalah BPK (Biaya Per Click) merupakan sebuah biaya yang di berikan kepada publisher adsense dari pengiklan untuk tiap kali klik yang di hasilkan oleh sebuah blog publisher. semakin besar CPC maka semakin besar pula peluang penghasilan yang diperoleh

Besarnya CPC di tentukan oleh Advertiser (Pengiklan) dengan sistem lelang Sebagian pengiklan bersedia membayar lebih dibanding yang lain maka akan menang. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi besarnya nilai CPC. yakni : 
  • Tema atau niche dari blog;
  • Sumber lalu lintas pengunjung;
  • Asal negara pengunjung;
  • Pemblokiran iklan yang ber-BPK rendah;
  • Smartpricing; dan
  • dan Lain -lain.
Biasannya traffik organik memiliki nilai CPC lebih tinggi dari pada Sumber traffik dari sosial media. karena hal inilah saya tidak pernah lagi meskipun juga sudah pernah share artikel ke page pribadi agar terlihat aktif saja tidak bertujuan mencari traffik untuk klik iklan.

3. RTK / CTR (Click Through Rate)

Istilah selanjutnya adalah RKT (Rasio Klik Tayang) Laman atau Page CTR (Click Through Ratio),adalah presentase dari seberapa banyak iklan yang di klik di bandingkan dengan jumlah tampilan halaman. Contoh nya Jika jumlah tayang sebanyak 1000 kali, dan jumlah klik yang diperolah sebanyak 10 kali maka nilai CTR nya di hitung dengan perbandingan sebagai berikut:

(10/1000x100%=2%) jadi jika dalam 1000 kali tayang jumlah klik pengunjung sebanyak 10 kali maka nilai CTR nya untuk iklan adalah 1%.

jika rasio RTK sangat rendah maka perlu merubah posisi penempatan iklan agar iklan di klik oleh visitor lebih banyak. namun untuk kebanyakan orang indonesia memiliki RTK yang rendah tidak lebih dari 3%.

Ini terjadi karena memang pengunjung malas melihat iklan kadang blogger memasang iklan memnuhi konten hingga visitor sulit melihat konten yang ada pada blog.

4. RPM Laman (Rvenue Per Thoushand Impression)

RPM adalah penghasilan rata-rata yang akan sobat dapatkan setiap 1000 kali halaman tayang. sehingga RPM adalah penghailan tertaksir perseribu kali tayang bukan penghasilan sebenarnya yang sobat dapatkan. 

Seperti contoh publisher yang menghasilkan $200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar $4 (nilai tersebut didapat dari perhitungan [jumlah penghasilan /(impressi/1000)]= (200/(50.000/1000)=200/50=4.

5. Penghasilan Tertaksir (Estimated Earning)

Penghasilan Tertaksir (Estimated Earnings) adalah perkiraan atau estimasi penghasilan yang sobat dapatkan dari adsense baik untuk sehari kemarin dan 7 hari yang lalu hingga bulan ini.

Penghasilan tertaksir akan dihutung dari jumlah klik dikali dengan BPK(CPC). Semakin besar nilai BPK dan semakin banyak klik yang diperoleh maka akan semakin besar pula penghasilan yang di taksirkan.

Penghasilan ini bukanlah penghasilan akhir yang akan kamu dapatkan namun google akan menghitungkan otomatis dan menganasisis klik valid dan mana klik yang tidak valid.

Namun apabila ada klik yang tidak valid maka jumlah penghasilan yang diperoleh pada hari itu akan otomatis kurang dari penghasilan tertaksir. jadi google akan menghitung yang valid saja.

6. Saldo

Saldo adalah jumlah penghasilan akhir yang telah kamu peroleh dalam jangka waktu satu bulan mulai dari terakhir kali kamu melakukan pencairan Google Adsense (Withdraw).

Saldo akan diakumulasi tiap awal bulan sehingga saldo yang tampil saat ini belum termasuk dengan penghasilan yang kamu peroleh bulan ini.

7. Klik

Klik adalah jumlah berapa banyak iklan yang di klik oleh pengunjung blog.

Nah sekarang sudah paham kan ya..

Sebenarnya masih banyak lagi daftar istilah di Google Adsense, tapi yang paling penting kamu ketahui saya kira cukup yang di atas tadi saja.

Tapi kalau kamu tetap, kepo.. bisa cekidot di support.google.com/adsense/

Semoga tulisan tentang Istilah Dalam Google Adsense yang sering Terdengar bisa membantu dan memberikan gambaran jelas cukup sekian terimakasih sob.